BPMPT Siap Implementasikan SPIPISE

Selasa, 14 Mei 2013 08:24:23 - Oleh : Rio Nisafa

Warga Samigaluh Antusias Terhadap Investasi

Badan Publik Wajib Sediakan Informasi Secara Terbuka

Bupati Harapkan Investor Mampu Menghilirkan Potensi Daerah

Kepala BPMPT Serahkan Izin Prinsip PT IGP Internasional

IUTM Berikan Kepastian Hukum Toko Modern

BPMPT Telah Terapkan Kebijakan PTSP

 

Kepala Badan Penanaman Modal Dan Perizinan Terpadu (BPMPT) Kabupaten Kulon Progo, Dra. Niken Probo Laras, S.Sos, MH  menyatakan kesiapan BPMPT dalam mengimplementasikan SPIPISE (Sistem Pelayanan Informasi dan Perizinan Investasi Secara Elektronik). Hal ini disampaikan Kepala BPMPT saat menerima survey kesiapan implementasi penyelenggaran Pelayanan Terrpadu Satu Pintu (PTSP) dari Pusdatin Badan Koordinasi Penanaman Modal, (BKPM), pada Selasa,  7 Mei 2013, pukul 13.00 WIB di Unit 2 BPMPT, Jln. KH. Dahlan, Wates.

Implementasi SPIPISE diatur di dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal dan Peraturan Presiden Nomor 27 Tahun 2009 tentang Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Bidang Penanaman Modal serta Peraturan Kepala BKPM nomor 14 Tahun 2009 tentang Sistem Pelayanan dan Perizinan Investasi secara Elektronik. SPIPISE pada hakikatnya adalah sistem elektronik pelayanan perizinan investasi yang terintegrasi antara BKPM dengan perangkat daerah yang membidangi penanaman modal dan perizinan (untuk Kulon Progo adalah BPMPT), sehingga proses pelayanan perizinan investasi yang diselenggarakan oleh BPMPT langsung dapat diakses dan terpantau oleh Pemerintah.

Kepala Bidang Pengolahan Data & Pelaporan Pusdatin BKPM Siti Romayah, S Kom, MSi menyatakan bahwa BPMPT Kabupaten Kulon Progo dinilai telah siap dalam implementasi SPIPISE dengan terpenuhinya kriteria seperti SDM yang telah mendapatkan sertifikat Diklat SPIPISE, jaringan internet yang memadai hingga struktur organisasi yang telah mengintregasikan antara fungsi penanaman modal dan perizinan. Pusdatin BKPM juga menyatakan kesediaan untuk memberikan bantuan  berupa bimbingan teknis dan peralatan komputer guna menerapkan SPIPISE di Kabupaten Kulon Progo.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pengawasan Data dan Informasi BPMPT, Drs. Armansyah Gatot Subroto, M.Si akan segera menindaklanjuti hasil survey PTSP dengan mengirimkan permohonan hak akses kepada BKPM.

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak